SOAL UAS BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER GANJIL

Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting soal UAS semester ganjil untuk kelas X dalam kurikulum 2013, materi teks LHO, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks hikayat. Semoga apa yang saya posting dapat bermanfaat, dan jika anda membutuhkan jawaban dari soal di bawah ini, silahkan sampaikan di kolom komentar. Selamat membaca!
 SOAL ESAI BAHASA NDONESIA

1.       Jelaskan pengertian teks di
bawah ini dengan benar! (10)
a.       Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)
b.       Teks Eksposisi
2.       Antara teks Anekdot dan Humor memiliki perbedaan. Jelaskan perbedaan kedua teks tersebut! (10)
3.       Sebutkan dan jelaskanlah 4 (empat) karakteristik Hikayat! (20)

Bacalah kutipan teks tentang “Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda” di bawah ini dengan cermat!

              Narkoba benar-benar membahayakan nasib bangsa ini di masa depan. Efek kerusakan akibat minuman keras dan narkoba ini tidak hanya mengenai diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya. Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia hingga tanggal 13 mei 2013 mencatat ada 158.812 narapidana dan tahanan di Indonesia, yang 51.899 orang di antaranya terkait kasus narkoba.
              Sebagai generasi muda, calon penerus perjuangan bangsa, sudah seharusnya kita menyiapkan diri menjadi generasi yang berkualitas. Upaya menghindarkan diri dari bahaya penyalahgunaan narkoba setidaknya dapat dilakukan melalui tiga cara. Pertama, dari diri sendiri. Kedua, dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Ketiga, hendaklah kita selalu ingat bahwa apa pun yang kita lakukan hari ini pada dasarnya adalah tabungan masa depan kita.


4.       Berdasarkan kutipan teks tentang “Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda” di atas, identifikasi dan uraikanlah: (a) gagasan pokok, (b) kalimat deskripsi, dan (c) kata verba dan nomina. Kerjakan dalam bentuk tabel di bawah ini! (30)
Paragraf
Gagasan Pokok
Kalimat deskripsi
Kata
Verba
Nomina
1
..............
..............
..............
..............
2
..............
..............
..............
..............

5.       Kutipan teks tentang “Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda” di atas termasuk teks Eksposisi. Identifikasi dan uraikanlah: (a) argumentasi, (b) rekomendasi, dan (c) kalimat fakta, yang terdapat dalam teks tersebut! (30)


~Selamat Mengerjakan~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)