SAPE KECAMATAN MEMIKAT

 Oleh Adisan Jaya
  • Kecamatan Sape, merupakan salah satu kecamatan tertimur yang strategis di kabupaten Bima NTB. Dimana Sape merupakan jalur penghubung antara masyarakat Indonesia Timur dan Indonesia Barat (bisa diistilahkan seperti itu) yang melalui jalur laut dan darat. Seperti yang terlihat dalam peta dibawah ini:

  • Teluk Sape juga merupakan tempat transit atau penyebrangan kapal feri yang menuju ke Labuhan Bajo-NTT  dan Pulau Komodo. Potensi Teluk Sape merupakan lautan Emas bagi Masyarakat sekitarnya, seperti Sape Bugis,  Sape Badjo dan Wera Pay. lautnya yg mendukung dan penghasil puluhan Ton ikan tiap hari dan juga terdapat Pelabuhan Perikanan Pantai ( PPP ) dan Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI ) untuk wilayah Kabupaten Bima.
Teluk Sape juga Surganya para Mancing Mania karena didukung oleh berbagai keindahan alam juga laut yang bersih. Letak teluk sape juga sangat strategis yaitu dekat dengan salah satu keajaiban Duia yaitu Pulau Komodo, banyak wisatawan Mancanegara maupun Domestik bila ingin ke Pulau Komodo mereka pasti singgah terlebih dahulu di Sape.
Berbagai macam hasil laut maupun hasil Bumi terdapat di Teluk Sape, seperti Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Kabupaten Bima yang terbesar yaitu Sarang Burung Walet, dan teripang. Kecamatan Sape merupakan Kecamatan yang terkaya dengan Hasil Buminya maupun Pendapatan perkapitanya dari seluruh Kecamatan yang berada di Kabupaten Bima.
Keindahan teluk sape sangat didukung oleh berbagai macam dan keunikan rumah penduduk dan kapal-kapal nelayan, seperti Sape Badjo, dimana pepnduduknya bermukim di Pulau tersendiri sebelah Timur pelabuhan sape.

Dibawah ini Foto-Foto gadis-gadis sape yang menikmati keasrian pantai dan lautnya:


 Fitri dkk

                                                           (Fitri dkk)
Pantai sape Bima NTB...

Komentar

Jirin mengatakan…
Indah bangettt pemandangannya...!!!! ^_^
DFT mengatakan…
itu di pasir putih?
Adisan Jaya mengatakan…
yups...benar..bangettt
Anonim mengatakan…
Indah
Mau dong kesana lagi,jadi kangen suasana pantainya :)
Novwa Dys mengatakan…
Kota keren!

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)