5 Nilai Guru Penggerak yang Saya Terapkan | Tugas Modul 1.2.A.5.2 | Guru Penggerak
Assalamu'alaikum. Pada postingan ini saya membagikan 5 nilai guru penggerak yang pernah saya lakukan. Pengalaman ini sekaligus sebagai bahan refleksi profesi saya sebagai seorang guru. Selamat
membaca dan semoga bermanfaat.5 NILAI GURU PENGGERAK
MANDIRI
1. Kata
kunci dari nilai Mandiri yaitu motivasi dan inovasi diri, maksudnya dimana
seorang guru harus mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan,
untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa
yang diinginkan untuk terjadi, baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada
dirinya sendiri.
2. Contoh
perilaku yang bisa dilakukan terkait nilai mandiri ini yaitu misalnya sekolah
tidak memiliki sarana teknologi memadai dalam kelas (misalnya projector),
seorang guru harus berinovasi menggunakan media lain sehingga pembelajaran
tetap menyenangkan bagi siswa.
3. Pengalaman
saya terkait nilai Mandiri ini yaitu saya berinisiatif membuat LKS, Modul
maupun media sebagai pendukung proses pembelajaran di kelas.
REFLEKTIF
1. Nilai
Reflektif yaitu seorang guru harus mampu memaknai dan mengevaluasi kembali
pengalaman-pengalaman, baik itu positif maupun negatif, sehingga bisa menjadi
pembelajaran dan panduan untuk menjalankan perannya di masa mendatang.
2. Contoh
perilaku yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat/menulis jurnal harian segala
aktivitas yang dilakukan sebagai bahan refleksi diri terhadap apa saja yang
perlu ditambah dan dikurangi di masa mendatang.
3. Saya
memiliki buku saku sebagai "diary" harian, tentang apa saja kelebihan
dan kekurangan yang ada pada diri ketika proses belajar mengajar.
KOLABORATIF
1. Kolaboratif
yaitu mampu merangkul semua pihak yang ada di lingkungan sekolah maupun di luar
sekolah untuk mendukung pencapaian profil pelajar pancasila.
2. Contohnya
dengan melaksanakan MGMP, seminar, atau langsung berdiskusi dengan guru
serumpun.
3. Saya
dan rekan guru serumpun sudah merencakan pembuatan Modul Pembalajaran Bahasa
Indonesia dari kelas X hingga XII.
INOVATIF
1. Inovatif
artinya gagasan baru dan tepat guna yang dapat bermanfaat bagi orang lain.
2. Contohnya
seperti inovasi terhadap bahan ajar, metode pembelajaran, sarana/media
pembelajaran, evaluasi belajar, serta relasi edukasi guru dan anak didik.
3. Pengalaman
saya pernah berinovasi untuk membuat modul Bahasa Indonesia sebagai bahan
pembelajaran, hal ini dilakukan karena saya melihat ketika diberikan tugas
melalui buku paket biasanya menjadi bahan ajar sudah tidak efektif, karena anak
didik bisa mencarinya di google, jawaban dari tugas ada semua. Hal ini yang
menjadi dasar saya membuat modul, berisi teks-teks yang memuat kearifan lokal
seni budaya yakng ada di daerah.
BERPIHAK
PADA MURID
1. Berpihak
pada murid artinya pemberian peran pada murid dalam aktivitas pembelajaran.
2. Contohnya
seperti guru harus memberikan kebebasan murid untuk mengeksplorasi ide,
berekspresi secara kreatif, mengembangkan bakat dan minatnya.
3. Pengalaman
pada mapel Bahasa Indonesia yang saya ajarkan, yaitu materi membaca puisi,
dimana peserta didik diberikan ruang berekspresi menyampaikan suka dukanya
mengikuti pembelajaran saat pandemi lewat rekaman video. Karena saya berpikir
pada era sekarang anak-anak lebih berani tampil di medsos seperti tiktok
dibandingkan dunia nyata yaitu di kelas. Dan Alhamdulillah siswa antusias dan terlihat
mereka mampu menyusun diksi yang menarik dan indah untuk didengarkan, serta
tidak canggung mengekspresikan dirinya.
Komentar