TUGAS DIKLAT PKS: Studi Kasus Masalah Pembelajaran
LEMBAR KERJA
PESERTA |
Alokasi Waktu: 60 menit |
||
Nama Peserta |
: |
Muhamad Tayeb, S.Pd |
|
Instansi |
: |
SD Negeri Poja |
|
Petunjuk |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Saudara
diminta untuk: 1.
Mencermati data, dokumen, dan informasi yang disajikan dalam skenario. 2.
Menuliskan
Identifikasi Masalah berdasarkan skenario 3.
Menentukan
Masalah Utama berdasarkan hasil identifikasi masalah 4.
Menuliskan
Identifikasi Kekuatan Sekolah berdasarkan skenario 5.
Merumuskan
3 (tiga) Alternatif solusi mengatasi masalah 6.
Memilih 1
(satu) alternatif solusi terbaik dari 3 solusi di atas 7.
Menuliskan
langkah-langkah solusi terbaik secara logis, sistematis, dan menunjukkan keluasan wawasan atau
keragaman pengalaman yang dapat memberikan dampak
positif terhadap perbaikan kualitas pembelajaran bagi peserta didik untuk
mencapai students wellbeing (kesejahteraan siswa). |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Skenario |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sekolah Dasar Negeri Poja terletak di ujung Utara Kecamatan sape Kabupaten Bima. Sekolah ini dipimpin oleh Bapak Muhamad Tayeb yang baru 1 (Satu) tahun menjabat
Kepala Sekolah di sekolah tersebut. Sebelumnya dia adalah Kepala Sekolah di
Sekolah Dasar Negeri Bajo Pulo. Bapak Tayeb memiliki jiwa visioner
untuk memajukan sekolah. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan supervisi guru dan tendik secara terjadwal. Monitoring dan evaluasi terprogram dan
dilaksanakan secara rutin. Hasil wawancara Pada saat wawancara, kepala sekolah menyampaikan
informasi sebagai berikut :
Berdasarkan dokumen sekolah dapat dipaparkan informasi
sebagai berikut: Prestasi Akademik 3 (tiga) Tahun
Terakhir
Prestasi Non Akademik 3 (tiga) Tahun Terakhir
Data Kemampuan Guru Menggunakan TIK
|
Lembar Jawaban:
No |
Identifikasi Kekuatan dan
Kelemahan Sekolah |
Identifikasi Masalah |
Masalah Utama |
Alternatif Solusi |
Solusi Terbaik |
Langkah-langkah Solusi Terbaik |
a |
b |
c |
d |
e |
f |
g |
1 2 3 |
Kekuatan: Hubungan
dengan dinas pendidikan baik, sehingga setiap ada kesulitan segera mendapat
bantuan Program sekolah selalu mendapat
dukungan positif dari komite sekolah Akreditasi sekolah B, saat ini berusaha agar dapat meningkat menjadi A, |
Relasi yang baik antara sekolah
dengan dinas pendidikan Dukungan baik oleh komite sekolah
terhadap program sekolah Usaha peningkatan akreditasi
sekolah menjadi A seperti rutin memeriksa administrasi sekolah dan
meningkatkan sarana prasarana sekolah |
1.
Dukungan komite dan
masyarakat sangat baik. 2.
Dukungan pemerintah
dalam melengkapi sarana dan prasarana |
a. Meningkatkan
hubungan (relasi) baik dengan dinas pendidikan agar setiap masalah bisa
mendapatkan solusi terbaik b. Menjalin kerja sama dengan dinas pendidikan
sehingga mempermudah mendapatkan bantuan c. Monitoring lapangan oleh pihak dinas pendidikan
mengenai kondisi real sekolah a. Meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat dan komite sekolah serta pihak yang
terkait untuk membantu terlaksananya program sekolah b. Menjalin kerja sama yang sinergis dalam membantu
dan membangun sekolah c. Melaksananakan pertemuan/ rapat secara intensif
dengan pihak komite mengenai program yang akan dilaksanakan oleh sekolah a.
Memberdayakan
seluruh stakeholder yang ada di sekolah
untuk terlibat aktif dalam persiapan akreditasi sekolah b.
Mengatur pembagian
tugas tim dan memastikan bahwa setiap anggota tim mehamami indikator yang terdapat
dalam instrumen akreditasi dan menyiapkan bukti fisiknya c.
Mengadakan sarana
tempat berupa lemari untuk penyimpanan setiap dokumen atau arsip sekolah yang
disiapkan oleh tim akreditasi sekolah. |
Monitoring lapangan oleh pihak dinas pendidikan
mengenai kondisi real sekolah Melaksananakan
pertemuan/ rapat secara intensif dengan pihak komite mengenai program yang
akan dilaksanakan oleh sekolah Memberdayakan seluruh
stakeholder yang ada di sekolah untuk
terlibat aktif dalam persiapan akreditasi sekolah |
Perencanaan: a.
Menyusun
proposal bantuan b.
Membuat
jadwal monitoring lapangan oleh pihak dinas terkait Pelaksanaan: Meminta
pihak dinas untuk monitoring lapangan Monev: Mencatat
hasil monitoring dinas Refleksi: Mengevaluasi
hasil monitoring Tindak Lanjut: Melaksanakan perintah dinas terkait Perencanaan: a.
Menyusun
draf planning sekolah b.
Membuat
jadwal rapat dengan pihak komite Pelaksanaan: Rapat
dengan pihak komite berkaitan dengan program sekolah Monev: Mencatat
kesepakatan rapat Refleksi: Mengevaluasi
hasil rapat Tindak Lanjut: Melaksanakan
apa yang telah menjadi kesepakatan dengan komite Perencanaan: a.
Menyusun
draf planning administrasi sekolah b.
Membuat
jadwal rapat dengan pihak komite Pelaksanaan: Rapat
pembentukan panitia akreditasi sekolah Monev: Mencatat
kesepakatan rapat Refleksi: Mengevaluasi
hasil rapat Tindak Lanjut: Mencatat progress bahan akreditasi sekolah |
1 2 3 4 5 6 7 |
Kelemahan: Beberapa
peserta didik masih ada yang sering datang terlambat Sebagian besar
guru lebih banyak ceramah dan jarang menerapkan metode kreatif dan inovatif Motivasi siswa dalam berprestasi rendah Kepedulian
siswa terhadap kebersihan sekolah rendah, Program
penguatan pendidikan karakter tidak dilaksanakan secara maksimal, Penggunaan
SIM sekolah tidak maksimal Tidak
banyak lulusan yang melanjutkan ke jenjang berikutnya |
Peserta didik kurang memahami pentingnya
disiplin waktu Guru jarang menggunakan media
pembelajaran karena kurangnya
pemahaman penggunaan teknologi Rendahnya kemauan siswa dalam
belajar Rendahnya kepedulian siswa dalam
menjaga kebersihan lingkungan sekolah Kurangnya pengetahuan guru dalam
memahami cara merealisasikan penguatan pendidikan karakter di sekolah Rendahnya SDM untuk tenaga
operator sekolah Rendahnya pengetahuan orang tua
siswa tentang pentingnya kelanjutan pendidikan untuk ana-anaknya |
1.
Sebagian besar
orang tua siswa berpenghasilan di bawah standar 2. Rendahnya
pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan anak 3. Tuntutan orang tua siswa untuk menghasilkan
lulusan yang berkualitas |
a.
Guru menunggu kedatangan siswa di depan gerbang sekolah
dengan wajah tersenyum dan sapaan ramah sehingga dapat menyenengkan dan
memompa semangat siswa untuk disiplin waktu hadir di sekolah b.
Memberikan bimbingan konseling kepada siswa yang tidak
disiplin waktu c.
Mencatat nama siswa yang terlambat dan apabila terus
melakukan pelanggaran disiplin waktu maka diberikan hukuman yang mendidik
seperti menyebutkan butir pancasila, menyanyikan lagu indonesia raya dan
lain-lain. a.
Memberikan pemahaman kepada guru tentang pentingnya metode pembelajaran
kreatif dan inovatif b.
Melakukan pelatihan kepada guru agar mampu membuat
media belajar yang efektif sehingga mampu meciptakan pembelajaran yang
efektif dan inovatif c.
Meminta guru untuk mencari referensi tentang cara
membuat media tematik sebagai inovasi yang efektif dalam pembelajaran a.
Meminta guru untuk menggunakan metode belajar yang
aktif dengan memberikan tugas berupa simulasi penyelesaian masalah untuk
menumbuhkan motivasi belajar siswa. b.
Meminta guru untuk menciptakan suasana kelas yang aman,
tidak mendikte dan cenderung mendukung siswa untuk berusaha dan belajar
sesuai minatnya sehingga menumbuhkan motivasi belajar c.
Memberikan penghargaan siswa yang berprestasi sehingga
memotivasi siswa yang lain untuk mempunyai kemauan belajar dan berprestasi a.
Meminta guru untuk mengajak siswa memahami tentang
pentingnya hidup bersih b.
Meminta guru untuk memberikan contoh dan motivasi
tentang hidup bersih di lingkungan sekolah c.
Memberikan dorprise atau hadiah kepada siswa yang
peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah a.
Memberikan pelatihan kepada guru tentang prosedur
pelaksanaan penguatan pendidikan karakter b.
Mengajak guru untuk melaksanakan pendidikan karakter pada
saat mengajar di kelas c.
Mengevaluasi pembelajaran guru di kelas, sehingga dapat
diketahui efektivitas penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan a.
Mencari SDM operator yang memahami prosedur SIM sekolah b.
Memberikan pelatihan kepada operator sekolah
sehingga memilikui kemampuan menggunakan SIM sekolah secara maksimal c.
Menjalin kerjasama dengan pihak terkait agar penggunaan
SIM sekolah dapat maksimal a.
Mengadakan rapat/ pertemuan
dengan orangtua/ wali siswa untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya
kelanjutan pendidikan peserta didik b.
Memberikan motivasi kepada siswa agar berkemauan
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi c.
Memberikan beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke
jenjang yang lebih tinggi bagi siswa yang tidak mampu dan berprestasi |
Guru menunggu kedatangan siswa di
depan gerbang sekolah dengan wajah tersenyum dan sapaan ramah sehingga dapat
menyenengkan dan memompa semangat siswa untuk disiplin waktu hadir di sekolah Melakukan pelatihan kepada guru
agar mampu membuat media belajar yang efektif sehingga mampu meciptakan
pembelajaran yang efektif dan inovatif Memberikan penghargaan siswa yang
berprestasi sehingga memotivasi siswa yang lain untuk mempunyai kemauan
belajar dan berprestasi Meminta guru untuk mengajak siswa
memahami tentang pentingnya hidup bersih Memberikan pelatihan kepada guru
tentang prosedur pelaksanaan penguatan pendidikan karakter Memberikan pelatihan kepada
operator sekolah
sehingga memilikui kemampuan menggunakan SIM sekolah secara maksimal Mengadakan rapat/ pertemuan
dengan orangtua/ wali siswa untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya
kelanjutan pendidikan peserta didik |
Perencanaan: Rapat dengan dewan guru membahas
cara/ langkah/ solusi untuk mengatasi keterlambatan siswa Pelaksanaan: Melaksanakan
solusi yang telah menjadi keputusan rapat Monev: Mencatat
solusi rapat Refleksi: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan disiplin Tindak Lanjut: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan disiplin Perencanaan: a.
Rapat
dengan dewan guru membahas rencana pelatihan guru b.
Menyusun
jadwal pelatihan c.
Mengundang
pemateri yang kompeten Pelaksanaan: Melaksanakan
pelatiham pembelajaran yang efektif dan inovatif Monev: Mencatat
perkembangan guru setelah pelatihan Refleksi: Mengevaluasi
hasil pelatihan Tindak Lanjut: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan pembelajaran efektif dan inovatif Perencanaan: Rapat dengan dewan guru membahas
cara memotivasi siswa Pelaksanaan: Melaksanakan
solusi yang telah menjadi keputusan rapat Monev: Mencatat
kekurangan dan kelebihan Refleksi: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan disiplin Tindak Lanjut: Melanjutkan
proses pemberian penghargaan jika itu berhasil Perencanaan: Rapat dengan dewan guru membahas
cara/ langkah/ solusi untuk memberikan pemahaman siswa tentang pentingnya
hidup bersih Pelaksanaan: Melaksanakan
solusi yang telah menjadi keputusan rapat Monev: Mencatat
perkembangan pelaksanaan kebersihan sekolah Refleksi: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan kebersihan sekolah Tindak Lanjut: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan disiplin Perencanaan: a.
Rapat
dengan dewan guru b.
Menyusun
jadwal pelatihan c.
Mengundang
pemateri Pelaksanaan: Melaksanakan
pelatihan penguatan pendidikan karakter Monev: Mencatat
keberhasilan guru dalam melaksanankan penguatan pendidikan karakter Refleksi: Memantau
hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter Tindak Lanjut: Mengevaluasi
hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter Perencanaan: Mencari operator sekolah yang
kompeten Pelaksanaan: Memberikan
pelatihan kepada operator sekolah mengenai SIM sekolah kepada pihak yang
kompeten Monev: Mencatat
pekembangan kemampuan operator sekolah Refleksi: Menanyakan
perkembangan penggunaan SIM sekolah Tindak Lanjut: Mengevaluasi
hasil pekerjaan operator sekolah Perencanaan: a.
Menyusun
jadwal rapat b.
Mengundang
komite dan orangtua siswa Pelaksanaan: Melaksanakan rapat Monev: Mencatat
keputusan rapat Refleksi: Mengevaluasi
hasil rapat dengan dewan guru Tindak Lanjut: Memberikan
beasiswa kepada siswa yang tidak mampu dan berprestasi jika dianggap perlu |
Komentar