RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X: Teks Biografi

Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X, materi tentang Teks Biografi. RPP ini saya buat sendiri dan saya terapkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Semoga bermanfaat bagi anda sesama guru bahasa Indonesia, dan selamat membaca!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan            : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                         : X/II
Materi Pokok                             : Teks Biografi
Alokasi Waktu                           : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
 


A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.       Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam
biografi tokoh yang dapat diteladani.
2.       Menggali hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
3.       Menafsirkan hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
4.       Memproyeksikan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.
5.       Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi.
6.       Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.14
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
3.14.1


3.14.2

3.14.3
Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh yang dapat diteladani.
Menggali hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
Menafsirkan hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
4.14
Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.

4.14.1


4.14.2


4.14.3
Memproyeksikan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.
Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi .
Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.


C.     Materi Pembelajaran
1.       Pola penyajian  cerita ulang (biografi).
2.       Hal-hal yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.

D.     Metode Pembelajaran
1.       Konsep Dasar (Basic Concept)
2.       Pendefinisian Masalah (Defining the Problem)
3.       Pembelajaran Mandiri (Self Learning)
4.       Pertukaran Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.       Penilaian (Assessment)

E.      Media Pembelajaran
1.       Media/ alat      : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/ LCD
2.       Bahan             :

F.      Sumber Belajar
1.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.       Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.     Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa diminta mencermati hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya tentang kriteria yang dapat diteladani dari teks biografi.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh yang dapat diteladani.
b.    Siswa diminta menggali hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
c.    Siswa diminta menafsirkan hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai hal-hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.     menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.      Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa diminta mencermati permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak yang akan dibahas dalam debat.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya mengenai permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak yang akan dibahas dalam debat.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta memproyeksikan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.
b.    Siswa diminta menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.
Mengomunikasikan
a.    Siswa diminta menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi.
b.    Siswa diminta memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.    menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

H.     Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga aspek:
1.       Pengetahuan (knowledge)
2.       Kecakapan (skill)
3.       Sikap (attitude)




Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,




Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
Sape,
Guru Mata Pelajaran,




Adisan Jaya, S.Pd


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan            : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                         : X/II
Materi Pokok                             : Teks Biografii
Alokasi Waktu                           : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
 


A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.       Menemukan pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
2.       Mendata  pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
3.       Menceritakan kembali isi teks biografi yang dibaca dengan bahasa sendiri.
4.       Menganilsis tokoh yang dijadikan sebagai bahan dalam menyusun teks biografi.
5.       Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan).
6.       Menyimpulkan  aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.15
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
3.15.1

3.15.2

3.15.3
Menemukan pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
Mendata  pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
Menyimpulkan  aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
4.15
Menyusun teks biografi tokoh
4.15.1

4.15.2


4.15.3


Menganilsis tokoh yang dijadikan sebagai bahan dalam menyusun teks biografi.
Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan).
Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi) yang ditulis teman.


C.     Materi Pembelajaran
1.       Unsur-unsur  biografi:
-          Orientasi: (identitas singkat tokoh);
-          Rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan
-          Reorientasi
2.       Kebahasaan biografi:
-          Pronominal;
-          Pengacu dan yang diacu; dan Konjungsi.

D.     Metode Pembelajaran
1.       Konsep Dasar (Basic Concept)
2.       Pendefinisian Masalah (Defining the Problem)
3.       Pembelajaran Mandiri (Self Learning)
4.       Pertukaran Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.       Penilaian (Assessment)

E.      Media Pembelajaran
1.       Media/ alat      : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/ LCD
2.       Bahan             : Teks Biografi “B. J. Habibie” dan “George Saa, Si Jenius dari Papua”

F.      Sumber Belajar
1.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.       Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.     Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa membaca teks biografi yang diberikan.
b.    Siswa diminta mengidentifikasi pokok  isi dan kebahasaan teks biografi.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya tentang pokok isi dan kebahasaan teks biografi.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta mendata  pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
b.    Siswa diminta menyimpulkan  aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.     menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.      Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa membaca teks  negosiasi yang diberikan.
b.    Siswa diminta menjabarkan isi teks biografi  yang diberikan.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya tentang cara menemukan pokok isi dalam menyusun teks biografi.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta menemukan tokoh-tokoh yang dijadikan sebagai bahan dalam menyusun teks biografi.
b.    Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan).
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai penyusunan teks biografi.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.    menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

H.     Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga aspek:
1.       Pengetahuan (knowledge)
2.       Kecakapan (skill)
3.       Sikap (attitude)






Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,




Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
Sape,
Guru Mata Pelajaran,




Adisan Jaya, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)