RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X SMA: Materi Hikayat.

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia untuk kelas X  SMA kurikulum 2013, materi tentang Hikayat. RPP ini saya buat sendiri sebagai tuntunan dalam mengajar di kelas, selamat membaca dan semoga bermanfaat!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan            : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                         : X/I
Materi Pokok                             : Hikayat
Alokasi Waktu                           : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
 
A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.       Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
2.       Membandingkan persamaan nilai dan kebahasaan yang
terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
3.       Membandingkan perbedaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
4.       Menghubungkan diksi yang ditemukan untuk menyusun cerpen.
5.       Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
6.       Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks cerpen yang disusun.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.

3.8.1

3.8.2

3.8.3

Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
Membandingkan persamaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
Membandingkan perbedaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
4.8
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8.1

4.8.2


4.8.3

Menghubungkan diksi yang ditemukan untuk menyusun cerpen.
Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks cerpen yang disusun.

C.     Materi Pembelajaran
1.       Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat.
2.       Gaya bahasa.
3.       Kata arkais (kuno).

D.     Metode Pembelajaran
1.       Konsep Dasar (Basic Concept)
2.       Pendefinisian Masalah (Defining the Problem)
3.       Pembelajaran Mandiri (Self Learning)
4.       Pertukaran Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.       Penilaian (Assessment)

E.      Media Pembelajaran
1.       Media/ alat      : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/ LCD
2.       Bahan             : Teks Hikayat berjudul “Bayan Budiman” dan   cerpen yang berjudul “Tukang Pijat
   Keliling”

F.      Sumber Belajar
1.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.       Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga




G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.      Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa diminta membaca teks Hikayat dan cerpen yang diberikan.
b.    Siswa diminta mencermati teks Hikayat dan cerpen yang diberikan.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya tentang gaya bahasa dan kata arkais (kuno)
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta berdiskusi tentang perbandingan dua teks tersebut.
b.    Siswa diminta membandingkan persamaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
c.    Siswa diminta membandingkan perbedaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai persamaan dan perbedaan nilai yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.     menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.      Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa diminta membaca teks Hikayat dan Cerpen yang diberikan.
b.    Siswa diminta mencermati teks Hikayat dan Cerpen yang diberikan.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya mengenai cara mengumpulkan, mengelompokkan, dan mengolah data yang diperoleh dari Hikayat dan cerpen yang diberikan.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta mengumpulkan, mengelompokkan, dan mengolah data yang diperoleh dari dua teks tersebut.
b.    Siswa diminta merubah Hikayat menjadi sebuah cerpen.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai merubah Hikayat menjadi sebuah cerpen.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.    menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

H.     Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga aspek:
1.       Pengetahuan (knowledge)
2.       Kecakapan/keterampilan (skill)
3.       Sikap (attitude)






Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,




Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
Sape,
Guru Mata Pelajaran,




Adisan Jaya, S.Pd



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

SUBDISIPLIN LINGUISTIK