CONTOH LEMBAR PENILAIAN SIKAP TERBARU 2014

LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEKNIK PENILAIAN DIRI DAN TEMAN

Nama siswa yang dinilai             : ___________________________
Nama siswa yang menilai           : ___________________________
Materi                                      : Hakikat Bahasa dan Bunyi Bahasa

No.
Aspek
Penilaian Diri
Penilaian Teman
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
1.
Berdoa
Berdoa dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran








2.
Antusias
Menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran








3.
Tanggungjawab
Turut memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok








4.
Jujur
Mengerjakan tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)








5.
Disiplin
Mengumpulkan tugas tepat waktu








6.
Ingin tahu/Proaktif
Menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi












ND = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24

NT = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24




Malang,                        2014
Siswa Penilai,                                                                            Siswa yang Dinilai,



(                                   )                                                           (                                   )









LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEKNIK PENILAIAN DIRI DAN TEMAN

Nama siswa yang dinilai             : ___________________________
Nama siswa yang menilai           : ___________________________
Materi                                      : Kedudukan dan Fungsi Bahasa

No.
Aspek
Penilaian Diri
Penilaian Teman
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
1.
Antusias
Menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran








2.
Menggunakan BI
Menggunakan BI pada saat KBM








3.
Tanggungjawab
Turut memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok








4.
Jujur
Mengerjakan tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)








5.
Disiplin
Mengumpulkan tugas tepat waktu








6.
Ingin tahu/Proaktif
Menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi











ND = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24

NT = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24




Malang,                        2014
Siswa Penilai,                                                                            Siswa yang Dinilai,



(                                   )                                                           (                                   )






LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEKNIK PENILAIAN DIRI DAN TEMAN

Nama siswa yang dinilai             : ___________________________
Nama siswa yang menilai           : ___________________________
Materi                                      : Perkembangan Bahasa

No.
Aspek
Penilaian Diri
Penilaian Teman
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
1.
Antusias
Menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran








2.
Menggunakan BI
Menggunakan BI pada saat KBM








3.
Tanggungjawab
Turut memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok








4.
Jujur
Mengerjakan tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)








5.
Disiplin
Mengumpulkan tugas tepat waktu








6.
Ingin tahu/Proaktif
Menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi











ND = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24

NT = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24




Malang,                        2014
Siswa Penilai,                                                                            Siswa yang Dinilai,



(                                   )                                                           (                                   )






LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEKNIK PENILAIAN DIRI DAN TEMAN

Nama siswa yang dinilai             : ___________________________
Nama siswa yang menilai           : ___________________________
Materi                                      : Puisi Lama dan Puisi Baru

No.
Aspek
Penilaian Diri
Penilaian Teman
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
1.
Antusias
Menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran








2.
Menggunakan BI
Menggunakan BI pada saat KBM








3.
Tanggungjawab
Turut memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok








4.
Jujur
Mengerjakan tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)








5.
Disiplin
Mengumpulkan tugas tepat waktu








6.
Apresiatif
Menghargai karya sastra berupa puisi











ND = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24

NT = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24




Malang,                        2014
Siswa Penilai,                                                                            Siswa yang Dinilai,



(                                   )                                                           (                                   )






LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEKNIK PENILAIAN DIRI DAN TEMAN

Nama siswa yang dinilai             : ___________________________
Nama siswa yang menilai           : ___________________________
Materi                                      : Prosa Lama dan Prosa Baru

No.
Aspek
Penilaian Diri
Penilaian Teman
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
Selalu
(4)
Sering
(3)
Jarang
(2)
Tidak pernah
(1)
1.
Antusias
Menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran








2.
Menggunakan BI
Menggunakan BI pada saat KBM








3.
Tanggungjawab
Turut memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok








4.
Jujur
Mengerjakan tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)








5.
Disiplin
Mengumpulkan tugas tepat waktu








6.
Apresiatif
Menghargai karya sastra berupa puisi











ND = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24

NT = Skor yang didapat  x  4  = _______ x 4 =
           Skor Maksimal                     24




Malang,                        2014
Siswa Penilai,                                                                            Siswa yang Dinilai,



(                                   )                                                           (                                   )






RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
Sikap/Kategori
Sangat Baik (SB)
4
Baik (B)
3
Cukup (C)
2
Kurang (K)
1
SIKAP SPIRITUAL (KI 1)
Berdoa di awal dan akhir proses pembelajaran
Selalu berdoa dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran
Sering berdoa dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran
Jarang berdoa dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran
Tidak pernah berdoa dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran
Antusias dalam mengikuti proses pembelajaran
Selalu menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran
Sering menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran
Jarang menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran
Tidak pernah menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran
Menggunakan BI dalam berkomunikasi
Selalu menggunakan Bahasa Indonesia pada saat mengungkapkan gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru, pada saat berkomunikasi dengan teman
Sering menggunakan Bahasa Indonesia pada saat mengungkapkan gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru
Jarang menggunakan Bahasa Indonesia pada saat mengungkapkan gagasan di kelas
Tidak pernah menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi pada proses pembelajaran
SIKAP SOSIAL (KI 2)
Tanggungjawab
Selalu mengakui kesalahan dan menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
Sering mengakui kesalahan dan menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
Jarang mengakui kesalahan dan menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
Tidak pernah mengakui kesalahan dan menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
Peduli
Selalu peduli pada teman yang mengalami kesulitan belajar
Sering peduli pada teman yang mengalami kesulitan belajar
Jarang peduli pada teman yang mengalami kesulitan belajar
Tidak pernah peduli pada teman yang mengalami kesulitan belajar
Responsif
Selalu tanggap pada hal-hal yang menghambat proses pembelajaran
Sering tanggap pada hal-hal yang menghambat proses pembelajaran
Jarang tanggap pada hal-hal yang menghambat proses pembelajaran
Tidak pernah tanggap pada hal-hal yang menghambat proses pembelajaran
Santun
bertutur kata dan bertindak sopan pada saat pada saat mengungkapkan gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru, pada saat berkomunikasi dengan teman
bertutur kata dan bertindak sopan pada saat mengungkapkan gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru
bertutur kata dan bertindak sopan pada saat mengungkapkan gagasan di kelas
Tidak pernah bertutur dan bertindak sopan pada saat proses pembelajaran
Jujur
Selalu mengerjakan tugas secara mandiri (tidak plagiat)
Sering mengerjakan tugas secara mandiri (tidak plagiat)
Sering mengerjakan tugas secara mandiri (tidak plagiat)
Tidak pernah mengerjakan tugas secara mandiri (tidak plagiat)
Disiplin
Selalu mengumpulkan tugas tepat waktu
Sering mengumpulkan tugas tepat waktu
Jarang mengumpulkan tugas tepat waktu
Tidak pernah mengumpulkan tugas tepat waktu
Proaktif
Selalu menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi  
Sering menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi
Jarang menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi
Tidak pernah menyampaikan pertanyaan tingkat tinggi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK