CONTOH DAN PANDUAN PENGISIAN PORTOFOLIO UKIN PPG
Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya ingin membagikan contoh Portofolio Uji Kinerja (UKIN) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab). Tata cara pengisian Portofolio tentunya berbeda untuk setiap LPTK. Tetapi sebelum ke contoh Portofolio tersebut, silahkan baca terlebih dahulu panduan agar anda lebih memahami tentang pengisiannya. Ada 6 poin yang akan diminta dalam pengisian portofolio yaitu pertama tentang penelitian dan publikasi (wajib), kedua kegiatan refleksi diri (wajib), ketiga pencarian informasi baru (wajib), keempat kegiatan inovasi (wajib), kelima prestasi yang pernah dicapai, dan kegiatan pengabdian. Adapun deskripsi dari ke enam poin tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Kegiatan Penelitian dan Publikasi
Komponen
melaksanakan penelitian dan publikasi dibuktikan dengan kepemilikan laporan
penelitian atau artikel yang diseminarkan atau dibahas di forum ilmiah tertentu
dan dimuat dalam proseding, atau artikel yang dimuat dalam jurnal ilmiah
terakreditasi maupun tidak terakreditasi, tulisan ilmiah popular yang dimuat dalam
majalah, tabloid, koran, newsletter, atau bulletin; baik yang terbit lokal,
regional, nasional maupun internasional yang relevan mata pelajaran yang diampu
baik (individu/kelompok). Skripsi, tesis, disertasi, dan makalah yang
dihasilkan mahasiswa untukmemenuhi tugas akademik ketika mahasiswa melanjutkan
studi tidak dapat dimasukan sebagai komponen karya pengembangan profesi.
2.
Kegiatan
Refleksi Diri
Komponen
refleksi diri dideskripsikan dengan narasi tentang proses perbaikan kinerja
professional secara terus-menerus yang dilakukan oleh mahasiswa PPG baik dalam
pengembangan diri (termasuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi
pembelajaran pada khususnya), melaksanakan penelitian, mengembangkan karya
inovasi dan juga terkait pelaksanaan tugas guru secara umum meliputi berfikir,
berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. Analisis ini mendeskripsikan
apakah pengembangan diri, penelitian dan pengembangan karya inovatif sudah
direncanakan, dilaksanakan, dan dinilai secara baik. Analisis ini juga memuat
deskripsi tentang permasalahan dan perbaikan ketiga hal tersebut, serta
menemukan makna dari dari proses perbaikan tersebut guna melakukan modifikasi
kegiatan pembelajaran di masa depan. Hal-hal yang sudah berhasil juga
diceritakan untuk dijadikan penguatan kegiatan berikutnya. Perubahan/perbaikan
yang telah dilakukan mahasiswa dilampirkan.
3.
Kegiatan
Pencarian Informasi Baru
Komponen
pencarian informasi dan pengetahuan baru dibuktikan dengan mengikuti kegiatan
untuk meningkatkan kompetensi diri. Kegiatan ini berupa pendidikan dan latihan,
lokakarya, seminar/webinar/konferensi, dan juga kegiatan lain yang mendukung
peningkatan kualitas diri. Pendidikan dan pelatihan (diklat) adalah kegiatan
yang pernah diikuti oleh mahasiswa dalam rangka pengembangan dan/atau
peningkatan kompetensi selama melaksanakan tugas sebagai pendidik, baik pada
tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, maupun internasional.
Bukti dokumen keikutsertaan komponen ini berupa sertifikat atau piagam yang
dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara yang sah. Keikutsertaan dalam
seminar/webinar/konferensi sebagai pemakalah dibuktikan dengan sertifikat dan
makalah/bahan presentasi, sedangkan kalau sebagai peserta dibuktikan dengan
sertifikat. Kegiatan lain yang mendukung berupa kegiatan MGMP/KKG atau sebagai
Guru Inti/Master Trainer dalam kegiatan-kegiatan pengembangan profesi yang
dibuktikan dengan sertifikat.
4.
Kegiatan
yang menghasilkan Inovasi
Komponen
menghasilkan inovasi baru adalah upaya mahasiswa untuk menunjukkan adanya
pengembangan profesi dengan menghasilkan karya yang sesuai dengan profesinya.
Karya-karya ini dilengkapi dengan bukti pernyataan keaslian karya yang
ditandatangani mahasiswa di atas materai Rp 6.000,00. Komponen ini meliputi
hal-hal sebagai berikut.
5.
Kegiatan
Prestasi Hasil Kompetisi yang Pernah Dicapai
Komponen
prestasi meliputi pemerolehan kejuaraan oleh mahasiswa setelah mengikuti
kompetisi-kompetisi, misalnya sebagai guru berprestasi, atau kompetensi lain di
bidang pendidikan atau bidang lain yang sangat berhubungan dengan bidang
keahlian guru tersebut. Kegiatan ini dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat.
6.
Kegiatan
Pengabdian yang telah dilakukan
Komponen
pengabdian meliputi bukti-bukti kegiatan-kegiatan dalam rangka mahasiswa
mengabdi sebagai warga sekolah (misalnya kegiatan akreditasi, anggota/ketua
panitia kegiatan di sekolah) dan juga di masyarakat (menjadi tim kepanitian di
kegiatan-kegiatan masyarakat, termasuk di tempat ibadah). Kegiatan ini
dibuktikan dengan sertifikat atau Surat keputusan/surat tugas atau surat
keterangan dari lembaga penyelenggara.
Silahkan anda unduh dan jadikan referensi kedua
contoh di bawah ini dalam pengisian portofolio. Semoga bermanfaat! Wassalam.
Komentar