TUGAS DIKLAT PKS: Menganalisis Hasil Monev Kegiatan RPS
Tugas 13. Menganalisis Hasil Monev Kegiatan RPS
No |
Jenis
Monev |
Deskripsi
Hasil Keterlaksanaan |
Ketercapaian |
Rekomendasi/
Tindak Lanjut |
|
Kuantitatif
(Angka) |
Kualitatif (Huruf) |
||||
A |
b |
c |
d |
e |
f |
1 |
Monitoring Keterlaksanaan Kegiatan RPS |
Berdasarkan hasil monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan
pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal hanya saja guru senior
belum mampu memanfaatkan IT dengan maksimal |
82% |
B = Baik |
Dalam pelaksanaan pemanfaatan media berbasis IT terus memotivasi guru
untuk belajar dan memanfaatkan sarpras yang disediakan sekolah |
2 |
Evaluasi peningkatan kompetensi KS berdasarkan hasil AKPK |
Berdasarkan hasil evaluasi peningkatan kompetensi KS berdasarkan hasil
AKPK, ditemukan hasil bahwa kegiatan-kegiatan warga
sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah, dan pengamatan
terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan tendik belum maksimal |
81% |
B = Baik |
Menyampaikan hasil catatan supervisi dan |
3 |
Evaluasi hasil kegiatan RPS |
Berdasarkan evaluasi
hasil kegiatan RPS ditemukan hasil bahwa minat sekolah meningkat dan senang
mengikuti pelajaran, tidak ada rasa takut, cemas dan was-was, tidak merasa
rendah diri karena bersaing dengan teman lain sehingga minat sekolah siswa meningkat
|
90%
|
B = Baik |
Meminta guru untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan media ajar seperti
buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga efektif membantu daya serap murid
seperti video dan power point |
4 |
Pencapaian Students Wellbeing |
Berdasarkan hasil Pencapaian Students
Wellbeing ditemukan hasil bahwa program pemanfaatan media berbasis IT
meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran, serta siswa menjadi lebih aktif |
85% |
B = Baik |
Terus memotivasi guru dan siswa dengan mempertahan dan meningkatkan kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program,
visi, misi, dan tujuan sekolah |
Petunjuk pengisian analisis hasil monev
kegiatan RPS:
1. Kolom
“a” diisi nomor urut;
2. Kolom
“b” diisi jenis monev;
3. Kolom
“c” diisi dengan deskripsi keterlaksanaan kegiatan monev;
4. Kolom
“d” diisi dengan angka (kuantitatif) ketercapaian dari rekap instrumen yang
telah diisi responden;
5. Kolom
“e” diisi dengan ketercapaian secara kualitatif (huruf) dengan disertai
predikat keterangan sesuai dengan kriteria penskoran yang telah ditetapkan;
6. Kolom
“f” diisi dengan simpulan rekap hasil monev berdasarkan item instrumen yang
perlu ditindaklanjuti
Rubrik Penilaian Analisis Hasil Monev
Kegiatan RPS:
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
Seluruh indikator terpenuhi |
1. Hasil analisis diisi seluruh
jenis monev (empat jenis) 2. Deskripsi hasil keterlaksanaan
dituliskan secara jelas untuk semua jenis monev yang dilakukan 3. Data hasil ketercapaian monev
tertulis secara jelas secara kuantitatif dan kualitatif untuk semua jenis
monev 4. Rekomendasi tindak lanjut
dideskripsikan mengacu kepada data pada keterlaksanaan dan ketercapaian untuk
semua jenis monev |
81 – 90,99 |
Minimal tiga indikator terpenuhi |
|
71 – 80,99 |
Minimal dua indikator terpenuhi |
|
< 70,99 |
Hanya Satu indikator terpenuhi |
Komentar