CONTOH LEMBAR PENILAIAN SIKAP TERBARU 2014
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
TEKNIK
PENILAIAN DIRI DAN TEMAN
Nama siswa
yang dinilai :
___________________________
Nama siswa
yang menilai :
___________________________
Materi : Hakikat
Bahasa dan Bunyi Bahasa
No.
|
Aspek
|
Penilaian
Diri
|
Penilaian
Teman
|
|||||||
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
|||
1.
|
Berdoa
|
Berdoa
dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Antusias
|
Menunjukkan
wajah ceria pada saat proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggungjawab
|
Turut
memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jujur
|
Mengerjakan
tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Disiplin
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ingin tahu/Proaktif
|
Menyampaikan
pertanyaan tingkat tinggi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ND = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
NT = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
Malang, 2014
Siswa Penilai,
Siswa
yang Dinilai,
( ) ( )
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
TEKNIK
PENILAIAN DIRI DAN TEMAN
Nama siswa
yang dinilai :
___________________________
Nama siswa
yang menilai :
___________________________
Materi :
Kedudukan dan Fungsi Bahasa
No.
|
Aspek
|
Penilaian
Diri
|
Penilaian
Teman
|
|||||||
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
|||
1.
|
Antusias
|
Menunjukkan
wajah ceria pada saat proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
BI
|
Menggunakan
BI pada saat KBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggungjawab
|
Turut
memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jujur
|
Mengerjakan
tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Disiplin
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ingin tahu/Proaktif
|
Menyampaikan
pertanyaan tingkat tinggi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ND = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
NT = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
Malang, 2014
Siswa Penilai,
Siswa
yang Dinilai,
( ) ( )
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
TEKNIK
PENILAIAN DIRI DAN TEMAN
Nama siswa
yang dinilai :
___________________________
Nama siswa
yang menilai :
___________________________
Materi : Perkembangan
Bahasa
No.
|
Aspek
|
Penilaian
Diri
|
Penilaian
Teman
|
|||||||
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
|||
1.
|
Antusias
|
Menunjukkan
wajah ceria pada saat proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
BI
|
Menggunakan
BI pada saat KBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggungjawab
|
Turut
memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jujur
|
Mengerjakan
tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Disiplin
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ingin tahu/Proaktif
|
Menyampaikan
pertanyaan tingkat tinggi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ND = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
NT = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
Malang, 2014
Siswa Penilai,
Siswa
yang Dinilai,
( ) ( )
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
TEKNIK
PENILAIAN DIRI DAN TEMAN
Nama siswa
yang dinilai :
___________________________
Nama siswa
yang menilai :
___________________________
Materi : Puisi
Lama dan Puisi Baru
No.
|
Aspek
|
Penilaian
Diri
|
Penilaian
Teman
|
|||||||
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
|||
1.
|
Antusias
|
Menunjukkan
wajah ceria pada saat proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
BI
|
Menggunakan
BI pada saat KBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggungjawab
|
Turut
memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jujur
|
Mengerjakan
tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Disiplin
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Apresiatif
|
Menghargai
karya sastra berupa puisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ND = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
NT = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
Malang, 2014
Siswa Penilai,
Siswa
yang Dinilai,
( ) ( )
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
TEKNIK
PENILAIAN DIRI DAN TEMAN
Nama siswa
yang dinilai :
___________________________
Nama siswa
yang menilai : ___________________________
Materi : Prosa
Lama dan Prosa Baru
No.
|
Aspek
|
Penilaian
Diri
|
Penilaian
Teman
|
|||||||
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
Selalu
(4)
|
Sering
(3)
|
Jarang
(2)
|
Tidak
pernah
(1)
|
|||
1.
|
Antusias
|
Menunjukkan
wajah ceria pada saat proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
BI
|
Menggunakan
BI pada saat KBM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggungjawab
|
Turut
memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jujur
|
Mengerjakan
tugas mandiri dengan usaha sendiri (tidak plagiat)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Disiplin
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Apresiatif
|
Menghargai
karya sastra berupa puisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ND = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
NT = Skor
yang didapat x 4 =
_______ x 4 =
Skor Maksimal 24
Malang, 2014
Siswa Penilai,
Siswa
yang Dinilai,
( ) ( )
RUBRIK
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
Sikap/Kategori
|
Sangat Baik (SB)
4
|
Baik (B)
3
|
Cukup (C)
2
|
Kurang (K)
1
|
SIKAP
SPIRITUAL (KI 1)
|
||||
Berdoa
di awal dan akhir proses pembelajaran
|
Selalu berdoa dengan khusyuk di
awal dan akhir proses pembelajaran
|
Sering berdoa dengan khusyuk di
awal dan akhir proses pembelajaran
|
Jarang berdoa dengan khusyuk di
awal dan akhir proses pembelajaran
|
Tidak pernah berdoa dengan khusyuk di
awal dan akhir proses pembelajaran
|
Antusias
dalam mengikuti proses pembelajaran
|
Selalu menunjukkan wajah ceria
pada saat proses pembelajaran
|
Sering menunjukkan wajah ceria
pada saat proses pembelajaran
|
Jarang menunjukkan wajah ceria
pada saat proses pembelajaran
|
Tidak pernah menunjukkan wajah ceria
pada saat proses pembelajaran
|
Menggunakan
BI dalam berkomunikasi
|
Selalu menggunakan Bahasa
Indonesia pada saat mengungkapkan
gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru, pada saat berkomunikasi
dengan teman
|
Sering menggunakan Bahasa
Indonesia pada saat mengungkapkan
gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru
|
Jarang menggunakan Bahasa
Indonesia pada saat mengungkapkan
gagasan di kelas
|
Tidak pernah menggunakan Bahasa
Indonesia dalam berkomunikasi pada proses pembelajaran
|
SIKAP
SOSIAL (KI 2)
|
||||
Tanggungjawab
|
Selalu mengakui kesalahan dan
menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
|
Sering mengakui kesalahan dan
menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
|
Jarang mengakui kesalahan dan
menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
|
Tidak pernah mengakui kesalahan dan
menerima sanksi yang diberikan pada saat proses pembelajaran
|
Peduli
|
Selalu peduli pada teman yang
mengalami kesulitan belajar
|
Sering peduli pada teman yang
mengalami kesulitan belajar
|
Jarang peduli pada teman yang
mengalami kesulitan belajar
|
Tidak pernah peduli pada teman yang
mengalami kesulitan belajar
|
Responsif
|
Selalu tanggap pada hal-hal yang
menghambat proses pembelajaran
|
Sering tanggap pada hal-hal yang
menghambat proses pembelajaran
|
Jarang tanggap pada hal-hal yang
menghambat proses pembelajaran
|
Tidak pernah tanggap pada hal-hal yang
menghambat proses pembelajaran
|
Santun
|
bertutur
kata dan bertindak sopan pada saat pada saat mengungkapkan gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru,
pada saat berkomunikasi dengan teman
|
bertutur
kata dan bertindak sopan pada saat mengungkapkan
gagasan di kelas,pada saat berkomunikasi dengan guru
|
bertutur
kata dan bertindak sopan pada saat mengungkapkan
gagasan di kelas
|
Tidak pernah bertutur dan bertindak
sopan pada saat proses pembelajaran
|
Jujur
|
Selalu mengerjakan tugas secara
mandiri (tidak plagiat)
|
Sering mengerjakan tugas secara
mandiri (tidak plagiat)
|
Sering mengerjakan tugas secara
mandiri (tidak plagiat)
|
Tidak pernah mengerjakan tugas secara
mandiri (tidak plagiat)
|
Disiplin
|
Selalu mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
Sering mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
Jarang mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
Tidak pernah mengumpulkan tugas tepat
waktu
|
Proaktif
|
Selalu menyampaikan pertanyaan
tingkat tinggi
|
Sering menyampaikan pertanyaan
tingkat tinggi
|
Jarang menyampaikan pertanyaan
tingkat tinggi
|
Tidak pernah menyampaikan pertanyaan
tingkat tinggi
|
Komentar