STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
1. Definisi
Strategi
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan
dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Strategi pembelajaran dapat diartikan
sebagai perencanaan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran
merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan
pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun
untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Ragam
Strategi Pembelajaran
Berdasarkan fokus atau orientasi proses
pembelajarannya, proses pembelajaran ini meliputi:
a.
Strategi
pembelajaran yang berpusat pada guru.
b.
Strategi
pembelajaran yang berpusat pada siswa.
c.
Strategi
pembelajaran yang berpusat pada materi yang diajarkan.
Pilihan
strategi ini akan menentukan langkah-langkah proses pembelajaran yang akan
ditempuh oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
3. Macam-macam
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran memiliki berbagai macam atau
jenis strategi, yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
Macam-macam strategi pembelajaran akan dijelaskan di bawah ini , yaitu sebagai
berikut:
a.
Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah
Strategi
Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu strategi pembelajara inovatif
yang dapat menciptakan kondisi siswa lebih aktif dan kreatif. Melalui strategi
pembelajaran berbasis masalah, siswa terlibat secara aktif dalam pemecahan
masalah melalui tahap-tahap sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang
berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk
memecahkan masalah.
b.
Strategi
Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Strategi ini
dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang sederhana dan tidak
menyita waktu sampai yang paling kompleks yang memerlukan waktu sehari-hari. Hal
ini bergantung pada tujuan pembelajaran dan kondisi setempat.
c.
Strategi
Pembelajaran Kooperatif
Roger dan
Jhonson menjelaskan bahwa tidak semua kerja kelompok bisa dianggap pembelajaran
kooperatif. Ada lima unsur model yang harus diterapkan untuk bisa dikatakan
model pembelajaran yang kooperatif, yaitu sebagai berikut:
1)
Saling
ketergantungan positif.
2)
Tanggung
jawab perseorangan.
3)
Tatap
muka.
4)
Komunikasi
antar anggota.
5)
Evaluasi
proses kelompok.
d.
Strategi
Pembelajaran Kontekstual: Alternatif Tindakan
Pendekatan
kontekstual (Contextual Teaching and
Learning/CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa
membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam
kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Melalui konsep itu,
hasil pembelajaran dapat diharapkan lebih bermakna bagi siswa.
e.
Strategi
Pembelajaran Langsung
Fokus utama dari
pembelajaran ini adalah pelatihan-pelatihan yang dapat diterapkan dari keadaan
nyata yang sederhana sampai yang lebih kompleks.
f.
Strategi
Pembelajaran Tidak Langsung
Strategi
pembelajaran tidak langsung sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan
masalah, pengambilan keputusan dan penemuan. Peranan guru bergeser dari seorang
penceramah menjadi fasilitator.
g.
Strategi
Pembelajaran Interaktif
Strategi
pembelajaran interaktif yaitu suatu cara atau teknik pembelajaran yang
digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran, di mana guru menjadi
pemeran utama dalam mencipatakan suasana interaktif yang edukatif.
h.
Strategi
Sistem Belajar Mandiri
Strategi sistem
belajar mandiri merupakan pendekatan menyeluruh dalam pembelajaran, dan yang
berupa pedoman umum serta kerangka yang dijabarkan dari pandangan falsafah dan
teori tertentu.
Komentar