Postingan

Menampilkan postingan dari 2014

CERPEN: GURU ITU MENTARI DIKALA AWAN BERKABUT

Gambar
Oleh Adisan Jaya Menjadi guru sebenarnya bukanlah impianku saat kecil maupun setelah lulus SMA. Meskipun ayahku seorang guru, begitu banyak mimpi dari profesi lain yang aku idamkan, seperti menjadi TNI, POLISI, Pengacara, dan yang terakhir Ahli Geologi. Namun Tuhan mungkin berkehendak lain, cita-cita yang aku idam-idamkan itu tidak ada yang keturutan (hehehe), dengan dalih yang tidak bisa aku ungkapkan satu persatu dalam tulisan ini. Kecewa yang

PUIS CINTA: SAJAK SENIN PAGI

Gambar
Oleh Adisan Jaya Selamat pagi mentari Lambaikan sinarmu ke arahku Agar aku bisa merasakan hangatmu Dari kebisuan yang ku alami Ayolah…jangan kau menunggu lagi

CONTOH LEMBAR PENILAIAN SIKAP TERBARU 2014

LEMBAR PENILAIAN SIKAP TEKNIK PENILAIAN DIRI DAN TEMAN Nama siswa yang dinilai             : ___________________________ Nama siswa yang menilai           : ___________________________ Materi                                      : Hakikat Bahasa dan Bunyi Bahasa No. Aspek Penilaian Diri Penilaian Teman Selalu (4) Sering (3) Jarang (2) Tidak pernah (1) Selalu (4) Sering (3) Jarang (2) Tidak pernah (1) 1. Berdoa Berdoa dengan khusyuk di awal dan akhir proses pembelajaran 2. Antusias Menunjukkan wajah ceria pada saat proses pembelajaran 3. Tanggungjawab Turut memberikan ide/gagasan pada saat diskusi kelompok

PUIS: KISAH ANGIN DAN DANDELION

Gambar
Oleh Adisan Jaya Aku rapuh Kadang sangat kuat Kadang dibilang indah Rapuh Karna angin memaksaku Serpihan ku sering terbawa olehnya Tubuhku terlalu kecil tuk melawan Kuat Karna aku sering menantang angin

PUISI CINTA: TENTANG CINTA

Gambar
O leh Adisan Jaya Aku pernah berkata pada rembulan Kamu adalah surga itu Ya, kamu adalah surga yang nyata berselimut bianglala Bisa ku lihat tapi tidak bisa ku dekati Dan karna kamulah surga itu Biarkanlah insan singgah Sebagai pelengkap keberadaanmu Doa ku tak henti hantarkan buatmu Tidak usah kau berkata

PUISI: CINTA DAN MIMPI

Gambar
Oleh Adisan Jaya Bayangannya adalah nyata Dan wujudnya adalah mimpi Malam gelisah menyambut pagi Hingga aku berhenti berharap

JUMAT LEGI

Oleh Adisan Jaya terik mentari menyengat mereka masih sokong menyokong kata-kata bualan silauan kostum mereka ganggu pandangan emas, mutiara, dan berlian bergelantung di leher mereka awalnya aku kira anjing

PUISI CINTA: UNTUK ATISAM

Gambar
Oleh Adisan Jaya Aku memujimu Lewat sajak-sajak yang ku rangkai Kata-kata ku pilih dengan hati-hati Agar tampak indah bernada Auramu gejolakkan api cinta Kelap-kelip merona Lewat buih-buih rasa yang sembunyi

NASKAH DRAMA ANTON PAVLOVICH CECHKHOV: Beruang Menagih Hutang

Beruang Menagih Hutang (The Bear/The Boor) Karya Anton Pavlovich Chekhov  ( NYONYA YULINA SANGAT MURUNG MEMANDANGI POTRET NIKO SUAMINYA, KAUL, PELAYAN TUA YANG SETIA, BERSAMANYA ) Kaul : Nyonya, sudah . sudah. Jangan begitu-begitu terus. Ini namanya bunuh diri pelan-pelan, relakan kepergiannya. Nyonya, semua orang bersenang-senang dipagi yang cerah dan segar ini. Bahkan kucing pun tahu cara menghibur diri. Jalan melenggak-lenggok ditaman lalu melompat sembunyi, kemudian tiba-tiba melompat lagi menakuti burung-burung. Tapi nyonya Yulina setiap hari mengurung diri, dengan muka yang selalu kusut, muram. Hitung hitung, sudah satu tahun penuh Nyonya tidak pernah lagi keluar-keluar.

TEORI SASTRA: Drama, Puisi dan Prosa

A.     Drama 1.       Pengertian Drama Drama adalah karya yang memiliki daya rangsang cipta, rasa dan karsa yang amat tinggi (Endraswara, 2011: 13). Sesungguhnya dalam drama juga terkandung aspek negatif, di antaranya drama yang memuat kekerasan dan adegan seksual, kadang memicu penonton untuk meniru. Drama yang manawarkan erotika tersembunyi pun sering mempengaruhi romantika hidup berkeluarga. Bahkan romantika dalam drama sering juga memperdaya antar pelaku untuk saling berkasih-kasihan di luar panggung. Begitu pula drama yang sedih, sering memengaruhi penonton harus menjiwai kesedihan. Namun, di balik hal-hal negatif, ada muatan aspek positif drama, yakni

KUMPULAN PUISI TERBAIK SAPARDI DJOKO DARMONO

Pada postingan kali ini, saya memposting mengenai Kumpulan Puisi Sapardi Djoko Darmono, salah seorang penyair hebat di Indonesia. Karya-karyanya yang saya publikasikan, merupakan beberapa karya yang memiliki nilai sastra yang cukup tinggi dari pemilihan kata dan maknanya. Semoga puisi yang saya posting ini dapat beramanfaat untuk anda. Silahkan berikan kritikan yang membangun untuk kebaikan blog saya kedepannya, pada kolom komentar. Selamat membaca! AKU I NGIN Oleh : Sapardi Djoko Damono Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu Aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

PUISI: CINTA TERLARANG BATMAN DAN ROBIN

Gambar
Oleh Denny JA /1/ Sudah tiga kali Amir terbangun lepas tengah malam: Pukul 2.00 dini hari Diselimutinya istri Ia cium keningnya. Ia pun keluar kamar, Duduk di sofa Sendiri saja – Gelap menyelimuti. Rasa iba melecutnya – Tangis tanpa suara

STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

 1.  Definisi Strategi Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu.   2.    Ragam Strategi Pembelajaran Berdasarkan fokus atau orientasi proses pembelajarannya, proses pembelajaran ini meliputi:

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

1.       Pengertian PTK merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru dan siswa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pembelajaran yang lebih baik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. 2.       Karakteristik PTK a.        An Inquiri on Practice from within PTK didasarkan pada masalah keseharian yang dirasakan dan dihayati dalam pembelajaran. b.       A collaborative effort and or participative Mengisyaratkan bahwa tindakan dan upaya perbaikan dilakukan bersama-sama siswa secara kolaboratif dan partisipatif. c.        A relative practice mode public Menghendaki agar keseluruhan proses implementasi tindakan dipantau dengan mempergunakan metode dan alat yang dapat dipertanggung jawabkan.

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan          : SMP Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia Kelas/Semester                : VII/ I Materi Pokok                   : Pengenalan Teks Deskripsi Tema                                : Pengenalan Budaya Indonesia Sub Tema                         : Tari Saman Alokasi Waktu                 : 1 Pertemuan (1 x 25 menit) A.     Kompetensi Inti 1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya . 2.       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya . 3.       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata .

PUISI: SELONGSONG SYAIR UNTUK MALAIKATKU

Gambar
Oleh Adisan Jaya Malaikatku… Bapak, mama Terimakasih ku haturkan Lihatlah, Sekarang ananda sudah tumbuh dewasa Tak terasa di tahun 2013 ini, aku menginjak 19 tahun Aku tumbuh dari senyumanmu Lahir dari cinta kasihmu Dan perjuanganmu membesarkanku Ma…pa… Kau bagai mentari yang selalu bersinar Sinari hidupku dengan penuh kehangatan Aku rindu masa kecil itu

PUISI: KISAH ANAK ADAM

Gambar
Oleh Adisan Jaya Takut mengarungi hatimu Apalagi tuk berlabuh kembali Kata sudah hambar Kalimat tak bisa lagi bercerita Tentang indahnya menyelami cinta Kini apa mau dikata

PUISI: KEPADA TUHAN

Gambar
Oleh Adisan Jaya Tetes air mata nampak bersinar Tertampung di atas telapak tangan Hingga cahaya memberiku terang dalam gelap Selaksa harapan dalam ke tak pastian Bergumam dalam kebimbangan Jari-jari begitu kaku tuk menulis Meski satu bait tak bermakna Pada hal banyak nian ingin tercurahkan

KRITIK SASTRA

Gambar
Banyak orang bertanya, bagaimana sih caranya mengkritik sebuah karya sastra itu? Berikut ini saya paparkan beberapa kiat dan pengetahuan yang bisa anda pelajari bersumber dari dosen saya. Postingan saya kali ini bisa anda pergunakan untuk mengkritik sebuah atau lebih karya sastra. Selamat membaca, semoga bermanfaat, dan jangan lupa sisipkan komentarnya ya? ·          Beberapa penjelasan mengenai Sastra dan Ilmu Sastra, yaitu sebagai berikut: 1.       Sastra harus dipisahkan dengan ilmu sastra, sedangkan teori sastra, kritik sastra dan sejarah sastra merupakan cabang ilmu sastra. 2.       Teori sastra adalah studi prinsip,

PUISI: SUARA JIWA

Gambar
Oleh Adisan Jaya Jangkrik bersenandung menyuarai kesepian jiwa malam ini Membungkusku dalam ruang sempit Disini aku renungkan ketika kemarin aku menjilati bintang hingga hilang cahayanya,  dan ku sileti bulan hingga mencair sinarnya Hilang sama sekali

PUISI: SEMUA JEMPOLKU UNTUKMU

Gambar
Dulu dia pernah berkata padaku Aku ingin menjadi ini Suatu saat nanti kau akan melihatnya Dengan lantangnya dia ucapkan Aku hanya tersenyum Senyum karna melihat dia begitu bersemangat Akupun punya mimpi seperti dia Tapi tak sedahsyat hasratnya Jempolku rasanya ingin ku tambah untuknya Karna aku tahu semua tentangnya Ya..semua

PUISI: MALAM INI MALAMMU

Gambar
Oleh Adisan Jaya Dinda… Malam ini malammu Tidurlah Sisipkan namaku dalam mimpimu Lekas selimuti malammu Terlelaplah Kan ku bentengi dengan jemari Agar kau tak tersakiti lagi Dinda…

PUISI: BALADA UNTUK NEGERI

Gambar
Oleh Adisan Jaya Zaman ini Berharap pribumi jadi analis Menelisik moral para penghuni Mungkin termasuk aku Yang hingga saat ini anestesi Akan keadaan ibu pertiwi Tanah, ku menapakkan kaki ini Sudah bak negeri anta beranta Dipenuhi antagonisme Dibakar anarkisme Dikuasai pasukan barbaar

PUISI: ELEGI

Gambar
Oleh Adisan Jaya Mengukir nama-Mu Bagaimana? Tangan kaki gemetar Rindu cintai-Mu Rindu ngemis pada-Mu Rindu sujud pada-Mu Tapi tak bicara Jauh… Lewat ego menggunung Angkuh… Padahal raga tak ada beda

PUISI: KAU TETAP AYAHKU

Gambar
Oleh Adisan Jaya Ayah… Wajahmu kian hitam mengkerut Begitu lelah ku lihat rautmu Mungkin karena harimu tak pernah kosong Pagi siang sore kau bergelut dengan merahnya mentari Hingga malampun kau belum terlelap Karena dibenakmu hanya satu Menyambung

PUISI: KU INGIN KAMU

Gambar
Oleh Adisan Jaya Tak mampu ku sebut namamu Apalagi menyatakan yang seharusnya Letak dan bentuk tulang yang tepat Diikat oleh lapisan daging yang tepat pula Kulit yang halus lembut Meski aku tak pernah

CERPEN: LUKISAN ATISAM (AKU NAMPAKNYA JATUH CINTA)

Gambar
Ku mainkan kuas di atas kanvas ini. Sembari memejamkan mata aku hayati benar-benar. Sketsamu yang samar ku reka. Ku koneksikan saraf dalam raga, untuk menumpahkan bayangmu yang akhir-akhir ini menghantui. Kemudian ku tumpahkan indahmu dengan tinta ini. Tapi sedikit sulit memang, karena indah dalam dirimu tak mampu tergambarkan oleh tinta-tinta murahan ini. Entah kenapa neuron terus memacu untuk membayangkanmu. Semuanya

CATATAN 20 TAHUN

Gambar
Pada hari ini usiaku tepat 20 tahun, ya 20 tahun, tak terasa aku sudah berkepala dua, rasanya tahun kemarin aku masih menjadi anak kecil yang selalu bermanja-manja, saking manjanya mengusap ingus saja aku masih membutuhkan bantuan orangtua yang biasanya aku panggil mama dan bapak, dan masih banyak lagi hal lainnya yang belum bisa aku lakukan tanpa bantuan orang lain. Tapi tanggal 27 Januari 2014 ini membuatku sadar waktu berjalan terus, hingga waktu terus menggrogoti usiaku. Sebenarnya aku benci harus menjadi orang dewasa, ketika aku melihat kembali foto kusam masa kecil yang membuatku ingin kembali ke masa itu. Masa dimana aku tidak punya masalah, tidak

PUISI: ANTARA LISAN DAN HATI

Gambar
Oleh Adisan Jaya Antara lisan dan hati... Pilar utama dalam kasih Ketika kata lebih berharga dari butiran berlian Itulah saat dimana hati dan lisan berkoloni Beradu memadu bongkahan kata Menjadi kata, syair, cerita kisah mungkin indah Itu harapan insan bernyawa Ketika hati dijadikan bola Seenaknya ber

PUISI: MASA DEPAN

Gambar
Oleh Adisan Jaya Balkon ini ku berdiri Menapakkan kaki Di dalam naungan bumi Menopang sejuta makna Yang belum terkuak Menguras habis energi Lelah aku tak lelah Bukan karena prasasti hari ini yang

MAKALAH: KEBUDAYAAN DAN TINDAKAN SOSIAL

Oleh Adisan Jaya BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Pembedaan yang dilakukan oleh Weber dan filsuf-filsuf kebuadayaan   antara ilmu-ilmu ‘alam’ dan ilmu-ilmu ‘budaya’ didasarkan pada status logis konsep-konsep yang memungkinkan beroperasinya berbagai ranah pemahaman yang berbeda-beda. Manusia mengatasi beban ketidakterbatasan itu dengan memilih dan memilah fakta-fakta, dan berbagai kriteria yang digunakan dalam memilih dan memilah fakta-fakta menentukan letak pemahaman yang bersangkutan sebagai pemahaman yang ‘natural/alamiah’ ataukan ‘kultural/budaya’. Demikianlah, sekumpulan elemen umum peristiwa-peristiwa tertentu melahirkan konsep-konsep umum   ilmu-ilmu ’alam’ (ini adalah konsep partikulat tentang ‘ilmu-ilmu budaya’. Baik Rickert maupun Weber menerima validitas   dan

SESAL TANPA MAKNA

Gambar
Oleh Adisan Jaya Sakit itu begini ya rasanya Semuanya aku anggap enteng saja Tapi ketika sadar itu tiba Aku merasa kehilangan Bukan merasa kehilangan karena cintamu Bukan…!! Tapi karena banyaknya