Di halaman ini saya ingin membagikan Kumpulan Materi Bahasa Indonesia untuk SMA kelas X, XI dan XII. Materi ini bisa anda gunakan sebagai bahan atau pun referensi pembelajaran di kelas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!
Oleh Adisan Jaya BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Puisi sebagai salah sebuah karya seni dapat dikaji dari bermacam-macam aspeknya. Puisi dapat dikaji struktur dan unsur-unsurnya, mengingat bahwa puisi itu adalah struktur yang tersusun dari bermacam-macam unsur dan sarana-sarana kepuitisan. Dapat pula puisi dikaji jenis-jenis atau ragam-ragamnya, mengingat bahwa ada beragam-ragam puisi. Begitu juga, puisi dapat dikaji dari sudut kesejarahannya, mengingat bahwa sepanjang sejarahnya, dari waktu ke waktu puisi selalu ditulis dan selalu dibaca orang. Sepanjang zaman puisi selalu mengalami perubahan, perkembangan. Hal ini mengingat hakikatnya sebagai karya seni yang selalu terjadi ketegangan antara konvensi dan pembaharuan (inovasi) (Teeuw, 1980). Puisi selalu berubah-ubah sesuai dengan evolusi selera dan perubahan konsep estetikanya (Riffaterre, 1978). Meskipun demikian, orang tidak akan dapat memahami puisi secara sepenuhnya tanpa mengetahui dan menyadari bah
Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting soal Bahasa Indonesia untuk SMA kelas X berbentuk pilihan ganda. Insya Allah, soal ini dapat anda pergunakan untuk penilaian akhir semester
Oleh Adisan Jaya Apakah itu Kapatu Mbojo? Kapatu Mbojo adalah salah satu seni pantun daerah yang hidup dan berkembang di daerah Bima dan Dompu Nusa tenggara Barat yang memiliki kaidah-kaidah penulisan tertentu. Lazimnya pantun melayu Kapatu Mbojo banyak bersyairkan nasehat, jenaka, muda-mudi dan sebagainya. Dalam perkembangannya patu Mbojo tak terpisahkan dari seni musik rawa mbojo dengan diiringi dengan alunan biola atau kecapi/gambus. Contoh kapatu mbojo (Pantun Bima) sebagai berikut: (on facebook) Taufiq Bimantara Podasi recemu aina uri karicu ! Podasi caumu aina hori coo ! Jangan coba walau slangkah untuk berselingkuh ! Ma neesi mada, aina niamu dimadu ! Ma neesi ana na.. tahopu di ama ro ina na ! Ma ngawa si nika, kacahapu neku ! Nika ro neku, ntau ro wara ma niki ! Widhy Keli susa auku mori dei rasa dou do'o labo nggomi witi loaku kadami susa sarusa kane'e dula dei rasa bane'eku eda nggo
PROGRAM SUPERVISI TENAGA KEPENDIDIKAN A. PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Supervisi adalah kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. seorang supervisor mempunyai kedudukan atau posisi lebih dari orang yang disupervisi, tugasnya adalah melihat, menilik atau mengawasi orang-orang yang disupervisi. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah ditujukan untuk memberikan
Oleh Adisan Jaya BAB I PENDAHULUAN 1.2 Latar Belakang Sastra merupakan ciptaan manusia yang memiliki ciri yang khas karena penyair berhak ingin menjadi apa saja dalam karyanya. Sastra merupakan kegiatan kreatif yang dihasilkan oleh seorang seniman dalam bentuk karya yang fundamental, baik itu dalam bentuk prosa, drama dan puisi sehingga penikmat atau pengapresiasi mampu membedakan jenis dan karekteristrik karya itu sendiri. Puisi merupakan ekspresi pengalaman batin (jiwa) penyair mengenai kehidupan manusia, alam, dan Tuhan melalui media bahasa yang estetik yang secara padu dan utuh dipadatkan kata-katanya, dalam bentuk teks yang dinamakan puisi. Masalah kehidupan yang disuguhkan penyair dalam puisinya tentu saja akan sekedar refleksi realitas (penafsiran kehidupan, rasa simpati kepada kemanusiaan, renungan mengenai penderitaan manusia dan alam sekitar) melainkan juga cenderung mengekspresikan hasil renungan penyair tentang dunia metafisik, gagasan-gagasan baru a
Komentar