NASKAH DRAMA MBOJO: MBOJO MBUJA

Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya membagikan naskah drama bahasa mbojo (Bima) yang berjudul "Mbojo Mbuja" karya Adisan Jaya (saya sendiri). Naskah drama ini mengkisahkan tentang seorang kepala desa yang tidak jujur dan suka melakukan praktek KKN (Korupsi Kolusi Nepotisme). Drama ini setting tempat
di dalam sebuah ruangan keluarga di rumah kepala desa yang bernama uba June. Klimaks dari drama ini adalah warga yang dipresepsikan orang-orang yang berpakaian hitam dan membawa selendang berwarna hitam yang digunakan untuk melilit sang kepala desa. Untuk lebih jelas silahkan baca dan download link di bawah ini!

Untuk Naskah Drama Lengkap Klik Link (teks berwana biru) di Bawah ini!


Di bawah ini saya tampilkan cuplikan naskah drama tersebut:

MBOJO  MBUJA
Karya Adisan Jaya

Tokoh:
1.      Ompu Beko
2.      Uba June
3.      Inan Nani
4.      Arif
5.      Aini
6.      Asisten
7.      Ajudan
8.      Bayangan Hitam
9.      Orang berpakaian hitam

DALAM SEBUAH RUANG RUMAH, LAKI-LAKI TUA DUDUK DI KURSI GOYANG, TUBUH LEMAH DAN RAPUH.TERDENGAR LANTUNAN LAGU SEBAGAI PEMBUKA PENTAS.

Ompu Beko : (Sembari batuk-batuk menatap ke arah penonton)Mori? Ake ngara na mori? Hah! Na waura sarusa uma ke, na waura fi’i, na wa’u ra mbuja sara’a, bune nahu ake ni dambe. Pala kombi turu iu ndai ku nahu, kombi ba rindi ntanda ra au ake. Pala kone ndede ka ntau harapan ma na’e ade tua ra ntoko kai ku ake. De laina nahu mbuipu wara hak ku nde bahagia kai? Lain ndede dambe? (berbicara ke arah penonton)
Aipu toi sampe tua, au mpa rawi ku? Hah! Ake mori na raka ra sumpu, na lao ra, na lao ra nawa ku ma sampu weha ma Ruma ro tala. Pala nahu wara harapan ma na’e ta ompu rana doho ku. (terbatuk makin parah)

CUCU OMPU BEKO MASUK. MEMAKAI PAKAIAN SERAGAM SEKOLAH. JAM MENUNJUKKAN PUKU 1.30 SIANG.

Arif              : Assalamualaikum!
Ompu           : Waalakumussalam!
Arif              : Ompu babau watipu maru sanawa kaita? Bona cuaca ta ke. Wunga oru bara. Angi wancu ku na’e na. Wati dahu ta supu?

TIBA-TIBA OMPU BEKO KEMBALI BATUK


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)