RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X: Teks Negosiasi

Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X, materi tentang Teks Negosiasi. RPP ini saya buat sendiri dan saya terapkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Semoga bermanfaat bagi anda sesama guru bahasa Indonesia, dan selamat membaca!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama satuan pendidikan            : 
Mata pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                         : X/II
Materi Pokok                             : Teks Negosiasi
Alokasi Waktu                           : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
 


A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
1.       Menjelaskan isi  teks negosiasi  yang
diberikan dengan lisan dan tulisan.
2.       Menafsirkan teks negosiasi berdasarkan pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi.
3.       Menilai masalah tentang cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
4.       Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
5.       Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10
Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.
3.10.1

3.10.2


3.10.3

Menjelaskan isi  teks negosiasi  yang diberikan dengan lisan dan tulisan.
Menafsirkan teks negosiasi berdasarkan pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi.
Menilai masalah tentang cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
4.10
Menyampaikan pengajuan,penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.

4.10.1

4.10.2


Mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
Memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).

C.     Materi Pembelajaran
Isi teks negosiasi, yaitu sebagai berikut:
1.       Permasalahan;
2.       Pengajuan;
3.       Penawaran, dan;
4.       Persetujuan/kesepakatan yang tercapai.

D.     Metode Pembelajaran
1.       Konsep Dasar (Basic Concept)
2.       Pendefinisian Masalah (Defining the Problem)
3.       Pembelajaran Mandiri (Self Learning)
4.       Pertukaran Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.       Penilaian (Assessment)

E.      Media Pembelajaran
1.       Media/ alat      : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/ LCD
2.       Bahan             :

F.      Sumber Belajar
1.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.       Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

G.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.     Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa membaca negosiasi yang diberikan.
b.    Siswa diminta mengidentifikasi  isi teks negosiasi.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya tentang cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian dalm teks negosiasi.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta menafsirkan teks negosiasi berdasarkan pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi.
b.    Siswa diminta menilai masalah tentang cara menyampaikan pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai menafsirkan dan menilai isi teks negosiasi.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.     menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.    Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan jenjang peserta didik;
c.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
d.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e.    Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.      Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
10 menit
2
Inti
Mengamati
a.    Siswa membaca teks  negosiasi yang diberikan.
b.    Siswa diminta menjabarkan isi teks negosiasi yang diberikan.
Menanya
a.    Siswa diminta bertanya tentang maksud pengajuan, penawaran, dan pencapaian  persetujuan dalam bernegosiasi.
Mengeksplorasi
a.    Siswa diminta mengungkapkan cara pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
b.    Siswa diminta memberikan tanggapan hasil kerja teman atau kelompok lain secara lisan (kekurangan dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi, kelengkapan data, EYD, dan penggunaan kalimat).
c.    Siswa diminta membandingkan dua teks LHO yang diberikan.
Mengasosiasi
a.    Siswa diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai pengajuan, penawaran, dan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi.
Mengomunikasikan
a.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
70 menit
3
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk mengevaluasi:
a.    Seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.    melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; dan
d.    menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
10 menit

H.     Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga aspek:
1.       Pengetahuan (knowledge)
2.       Kecakapan (skill)
3.       Sikap (attitude)







Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,




Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
Sape,
Guru Mata Pelajaran,




Adisan Jaya, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

SUBDISIPLIN LINGUISTIK